up your blog here


    give your comment below

    Free Counters

    visitors
    free counters

160 x 600 Ad Section


PuskomSTAINMetroJS-ECAwan


Blog Archive

klik disini! daftar! dapat dolar!
klik disini untuk caranya

debat calon presiden RI


Setiap calon presiden dijadwalkan tampil tiga kali.

Komisi Pemilihan Umum sudah menyelesaikan pembahasan tentang topik, moderator, dan jadwal debat pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Setiap calon presiden dijadwalkan tampil tiga kali. Sedangkan untuk calon wakil presiden hanya dua kali.
Debat dilakukan selang seling dalam rentang masa kampanye yang dijadwalkan 2 Juni hingga 4 Juli 2009.
Calon presiden mendapat jatah hari Kamis. Sementara calon wakil presiden hari Selasa.

Debat dimulai Kamis 18 Juni 2009. Temanya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta menegakkan supremasi hukum. Yang menjadi moderator selama perdebatan berlangsung adalah Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan.

Debat berikutnya dilaksanakan Kamis 25 Juni 2009. Temanya mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Debat ini dimoderatori pengamat ekonomi, Aviliani.


Debat ketiga dilaksanakan Kamis 2 Juli 2009. Temanya, Negara Kesatuan Republik Indonesia, demokrasi dan otonomi daerah. Moderatornya Dekan Fisipol UGM Pratikno.

Selanjutnya untuk acara perdebatan calon wakil presiden mulai Selasa 23 Juni 2009 dengan tema pembangunan jati diri bangsa. Moderatornya Rektor UIN Jakarta, Komaruddin Hidayat.

Jadwal berikutnya pada Selasa 30 Juni 2009. Temanya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Debat ini dimoderatori Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Fachmi Idris.

Setiap acara debat akan berlangsung selama dua jam. Substansi debat sekitar satu setengah jam. Rinciannya, pemaparan visi, misi dan program selama tujuh sampai dengan sepuluh menit. Pertanyaan pendalaman oleh moderator dan jawaban kandidat selama tiga puluh menit. Terakhir, pertanyaan dan jawaban antar kandidat selama tiga puluh menit.

Format, topik, dan moderator telah disepakati tim kampanye tiga pasangan calon. Dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, Jusuf Kalla dan Wiranto diwakili Burhanuddin Napitupulu, tim Megawati dan Prabowo Subianto diwakili Firman Djaya Daeli, serta tim Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono diwakili Milton Pakpahan.

Sumber : Siswanto, Suryanta Bakti Susila VIVAnews

0 komentar: